Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah

Visi

Menjadi program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah yang mampu mencetak guru madrasah ibtidaiyah yang integratif, kreatif dan inovatif secara profesional serta unggul dalam tekhnologi, strategi maupun media pembelajaran MI yang berbasis umum maupun islami.

Misi

1.Menyelenggarakan pendidikan guru madrasah ibtidaiyah berbasis kurikulum yang integratif, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan professional, sosial, dan berkepribadian islam;

2.Meningkatkan kompetensi, kualifikasi, dan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan pada prodi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah;

3.Memberikan pelayanan akademik dan non akademik yang bermutu kepada seluruh mahasiswa prodi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah;

4.Mengimplementasikan si stem penjaminan mutu prodi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, untuk menjamin kualitas akademik dan non akademik;

5.Berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dalam bidang pendidikan guru madrasah ibtadaiyah dengan meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;

6.Melaksanakan tata kelola prodi pendidikan guru madrayah ibtidaiyah secara demokratis, transparan dan akuntabilitas.

Tujuan

Mengacu pada  visi dan misi program studi, serta mengacu pada tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan situasi dan kondisi setempat, maka tujuan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, pada Program Studi Tarbiyah  STIT Kupang yakni : Guru kelas MI dan sederajat yang memiliki 4 kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional. Menjadi guru yang memiliki kompetensi mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan landasan Islam. menghasilkan Guru Madrasah Ibtidaiyah  yang profesional, menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, etika dan hukum, serta terampil dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan secara formal, non formal dan informal, baik pada tataran lokal, nasional, serta memiliki pengetahuan dasar untuk melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi  dan searah dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, teknologi, Seni dan Informasi.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

1.Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, pengetahuan dan kebudayaan dalam mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran.

2.Mampu mengembangkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan yang mendidik.

3.Mampu menyusun materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak MI/SD.

4.Mampu merancang dan mengimplementasikan pembelajaran sesuai aspek dan tahapan  perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat anak MI/SD.

5.Mampu merancang dan mengimplementasikan evaluasi pembelajaran anak MI/SD.

6.Mampu mengintegrasikan ilmu agama dan kewirausahaan dalam menjalankan usahanya.

7.Mampu memanfaatkan teknologi dan media untuk pengembangan usaha.

8.Mampu mengevaluasi dan beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam dunia usaha bidang pendidikan dasar MI/SD.